Pages

Jumat, 04 Juni 2010

Riset Akuntansi_Softskill_Membuat Abstraksi dari Penelitian Ilmiah dengan Bhs Sendiri_

Nama : Bramantyo A.W

Kelas : 3EB05

NPM : 21207388

Tugas : Riset Akuntansi_Softskill_Membuat Abstraksi dari Penelitian Ilmiah dengan Bhs Sendiri_

ABSTRAK

ARDIANSYAH NUGRAHA

Pengendalian Biaya Operasi Dalam Rangka Mengoptimalkan Laba OPERASI pada PT Pelita Air Sevice

PI, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2009.

Kata Kunci : Pengendalian Biaya, Biaya Operasi, Laba Operasi

(vii+46 halaman)

Dalam akuntansi biaya , proses akuntansi ditujukan untuk mengumpulkan, menggolongkan, dan menyajikan data biaya yang telah terjadi di masa lalu (biaya historis) serta salah satu tujuan pokoknya adalah pengendalian biaya. Pengendalian biaya dapat dilakukan dengan cara membandingkan antara biaya yang seharusnya dikeluarkan dengan biaya sesungguhnya. Pengendalian biaya memerlukan patokan atau standar sebagai dasar yang dipakai sebagai tolok ukur pengendalian. Biaya yang dijadikan sebagai tolok ukur dalam pengendalian ini disebut sebagai biaya standard.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana peran pengendalian biaya khususnya biaya operasi dalam aktivitas produksi suatu perusahaan, mengetahui proses pelaksanaan pengendalian biaya perusahaan, dan pengaruh pengendalian biaya terhadap pengoptimalan laba operasi.

Dalam penelitian ini, penulis melakukan analisis pengendalian biaya dalam rangka mengoptimalkan laba operasi dengan mengunakan analisis selisih biaya agar mengetahui penyimpangan biaya yang terjadi. Setelah melakukan perhitungan dan analisis, ternyata PT Pelita Air Service memperoleh laba yang dihasilkan dari operasionalnya sebesar Rp 42.336.000.000,-. Hal ini dikarenakan pengendalian biaya operasi berjalan dengan baik, efektif dan efisien.


0 comments:

Posting Komentar